Kelompok Studi Biologi Universitas Brawijaya

Malayan Vine Snake

Malayan Vine Snake (Ahaetulla prasina Linnaeus, 1758.)

Ahaetulla prasinaGambar 1. a) Ahaetulla prasina dari TNMB

        Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) memiliki kekayaan herpetofauna yang cukup tinggi. Hal tersebut dimungkinkan karena lokasinya yang terpencil dan sulit untuk dijangkau kendaraan bermotor. Salah satu reptil yang ditemukan pada Observasi Herpetofauna di Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) adalah Ahaetulla prasina. Ahaetulla prasina ditemukan di hutan TNMB (jalur patroli) pada tanggal 3 September 2013, sedang melilit pada ranting pohon.

Klasifikasi :
Kingdom          : Animalia
Filum                 : Chordata
Kelas                  : Reptilia
Ordo                   : Squamata
Subordo           : Serpentes
Famili                : Colubridae
Subfamili          : Colubrinae
Genus                 : Ahaetulla
Spesies               : Ahaetulla mycterizans (Linnaeus, 1758)

Deskripsi
           Bagian atas tubuh berwarna hijau muda, hijau keabu-abuan atau coklat; perut berwarna putih dengan dua garis berwarna hijau atau garis hijau pada sepanjang perut bagian tengah. Tubuh tipis, moncong panjang; terdapat lekukan pada moncong; mata besar dengan pupil horizontal; ekor panjang dengan ujung yang dapat melilit; bagian dorsal halus.

Distribusi
             Thailand,Peninsular Malaysia, Sumatra, Jawa.

Kebiasan dan Habitat
             Habitat Ahaetulla mycterizans adalah pada dataran rendah (<500 m dpl). Arboreal (hidup di pohon), pada semak belukar yang tebal dan vegetasi rendah. Makanan yang dikonsumsi adalah kadal dan burung. Kebiasaan reproduksi belum dipelajari.

 

Referensi

Das, Indraneil. 2012. A Naturalist’s Guide to the Snakes of South-East Asia: Malaysia, Singapore, Thailand, Myanmar, Borneo, Sumatra, Java and Bali. John Beaufory Publishing. Oxford.