Kelompok Studi Biologi Universitas Brawijaya

Crested Toad

Crested Toad (Ingerophrynus biporcatus)

          Ingerophrynus biporcatus atau biasa disebut dengan kodok puru hutan, ditemukan di atas tanah berpasir TNMB pada jalur tracking tanggal 4 September 2013. Kodok puru hutan memiliki ciri khas berupa sepasang alur memanjang di antara matanya dan tympanum yang terlihat jelas di dekat mata.

 

Ingerophrynus biporcatus
Gambar 1. Crested toad (Ingerophrynus biporcatus)

Klasifikasi (Kurniati, 2003)
Kingdom    :  Animalia
Filum           :  Chordata
Kelas            :  Amphibia
Ordo             :  Anura
Famili           : Bufonidae
Subfamili     : Bufoninae
Genus            : Ingerophrynus
Spesies          : Ingerophrynus biporcatus (Gravenhorst, 1829)

Deskripsi
             Jantan dewasa berukuran ± 46-50 mm, sedangkan betina dewasa berukuran ± 60 mm. Tubuh sedikit gemuk. Kepala memiliki sepasang alur menonjol yang tipis memanjang (supraorbital) di antara ke dua mata. Tympanum terlihat dengan jelas dan terletak dekat dengan mata. Jari kaki tidak sepenuhnya berselaput renang, hanya sekitar 1/2 hingga 2/3 bagian. Ujung jari kaki dan tangan tumpul. Kelenjar paratiroid terlihat jelas, berukuran kecil, dan berbentuk oval (Kurniati, 2003).
Kulit dorsal (punggung) dan sisi tubuh terdapat banyak bintil kecil berbentuk conical (kerucut) atau runcing, umumnya sisi tubuh memiliki bintil yang sedikit lebih tinggi atau menonjol. Kulit ventral (perut) berbintil-bintil kecil dan kasar. Punggung berwarna coklat atau coklat kemerahan dengan sedikit bintik hitam. Bagian lengan terdapat beberapa garis hitam yang lebar. Sisi ventral berwarna kuning atau coklat pucat dengan bintik-bintik hitam di tenggorokan dan dada atau bersih tanpa bintik-bintik hitam (Kurniati, 2003).

Distribusi
             Jawa, Sumatra, Bali, Lombok, Sulawesi, Palavan (Kurniati 2003).

Kebiasan dan Habitat
            Ingerophrynus biporcatus banyak ditemukan di daerah dataran rendah. Habitat dari Bufo biporcatus adalah hutan primer dan hutan sekunder. Spesies ini juga ditemukan di kolam atau pemukiman penduduk (Iskandar 1998).

 

Referensi

Iskandar, Djoko T. 1998. Amfibi Jawa dan Bali. Puslitbatng Biologi-LIPI. Cibinong.

Kurniati, Hellen. 2003. Amphibians & Reptiles of Gunung Halimun National Park, West Java, Indonesia (Frogs, Lizards and Snakes). Research Center for Biology-LIPI. Cibinong.

1 Comment

  1. Bagus Priambodo Bagus Priambodo
    February 1, 2014    

    gambar diatas itu sudah diidentifikasi sebagai Ingerophrynus biporcatus, sudah terbukti dan teruji dari LIPI