Kelompok Studi Biologi Universitas Brawijaya

World Day for Water

Pernah dengar tentang “Hari Air Sedunia”? Air memiliki peran yang sangat esensial bagi kehidupan, gak perlu dibahas lebih lanjut lah ya. Yakin deh semua uda tahu pentingnya air. Tapi, kadang “tahu” saja tidak cukup. Peran esensial tersebut sering kali terlupakan (atau sengaja dilupakan) demi kemudahan hidup. Yah, manusia emang keren dalam hal pengembangan teknologi dan pengetahuan, lebih keren lagi kalau diimbangi dengan kesadaran akan pentingnya pelestarian alam.

Baru-baru ini, tepatnya 22 Maret 2015 merupakan Hari Air Sedunia. Inisiatif adanya hari air sedunia dicetuskan pada Sidang Umum PBB ke-47 (22 Desember 1992) di Rio de Janeiro, Brasil. Peringatan ini bertujuan untuk menyadarkan publik akan pentingnya air bersih dan meningkatkan kesadaran untuk mengelola sumber air bersih yang berkelanjutan.

Pada tahun 2014 (5 April), KSB main ke mata air Sumber 7. Berdasarkan sumber (gak jelas dari siapa), sumber 7 merupakan kumpulan air terjun rendah di suatu wilayah dengan keindahan yang aduhai. Well, karena kami sampai di sana malam hari, jadi cukup sulit untuk menemukan lokasinya. Kami hanya mendengar suara air dan memutuskan untuk camp di pondok tidak jelas. Keesokan harinya, kami betul-betul terperangah melihat pemandangan di depan kami. Berikut ini beberapa dokumentasi yang kami dapatkan.

2014-04-05 06.25.252

Di samping kemegahan lokasi tersebut, tampak sedang ada pembangunan untuk tempat penampungan air. Sayang sekali, keindahan lokasi tersebut sedikit tercoreng akibat ada puing-puing bangunan belum jadi. Kami tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi pada sumber air ini jika pembangunan sudah selesai.2014-04-05 06.05.40Setahun kemudian, pembangunan tempat penampungan air di sumber 7 telah selesai.

3

Mari kita selamatkan sumber air yang ada di sekitar kita. Salah satu tindakan yang bisa kita lakukan mungkin menggunakan air secara efisien (tidak membuang-buang air, khususnya saat mandi), mengurangi penggunaan deterjen, dan tidak membuang limbah di sumber air. Mungkin mandi satu kali juga dapat membantu save water :p Hahhahaa…
Save water for our better future.

Writer: Anggun S.F.